Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Bumi dan Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPIT Izzatul Islam Getasan Tahun Pelajaran 2022/2023

Oktoviani, Nafisah Tri (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Bumi dan Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPIT Izzatul Islam Getasan Tahun Pelajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NAFISAH TRI OKTOVIANI 23060190093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi hasil keterlaksanaan penerapan model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle berbantuan augmented reality pada materi bumi dan tata surya dan mengetahui efektivitas model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle berbantuan augmented reality terhadap hasil belajar IPA materi bumi dan tata surya pada siswa kelas VII di SMPIT Izzatul Islam Getasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis true eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling, kelas VII A dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan soal, lembar keterlaksanaan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji T dan analisis data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar nilai pretest dan posttest pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle berbantuan augmented reality mengalami perubahan. Hasil uji T paired sample test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,014, kurang dari 0,05. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle berbantuan augmented reality efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPIT Izzatul Islam Getasan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2023 17:31
Last Modified: 25 Jul 2023 17:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item