TABUNGAN WADI'AH APLIKASI HIJRA BANK DITINJAU DARI DSN-MUI DAN PERATURAN BANK INDONESIA (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI HIJRA BANK DI KABUPATEN SEMARANG)

LESTARI, WULAN DWI (2023) TABUNGAN WADI'AH APLIKASI HIJRA BANK DITINJAU DARI DSN-MUI DAN PERATURAN BANK INDONESIA (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI HIJRA BANK DI KABUPATEN SEMARANG). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI WULAN 142 HES REVISI JUDUL BAARU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tabungan wadi’ah aplikasi Hijra Bank merupakan salah satu produk yang ditawarkan bank Hijra melalui aplikasi mobile bankinya, yaitu Hijra Bank. Hal ini dikarenakan keuntungan yang diberikan menarik minat nasabah dalam praktek tabungan wadiah yang berlandaskan fatwa tentang mengatur perhimpunan dana bank. Tabungan wadiah pada aplikasi ini merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang dengan prinsip wadi’ah yad dhamanah dimana uang yang disimpan dapat diambil kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai praktik tabungan wadi’ah aplikasi Hijra Bank dan untuk mengetahui tabungan wadi’ah aplikasi Hijra Bank ditinjau dari DSN-MUI dan Peraturan Bank Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dan lokasi penelitiannya adalah lima pengguna aplikasi Hijra Bank di Kabupaten Semarang. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa tabungan wadi’ah aplikasi Hijra Bank merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang dengan prinsip Wadi’ah yad Dhamanah, simana uang tersebut dapat disetor dan diambil kapan saja sesuai keinginan nasabah. Kemudian praktik tabungan wadi’ah di Bank Hijra ini sudah sesuai dengan fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan dan aturan Peraturan Bank Indonesia No. 7/46/PBI/2005 tentang penghimpunan dana masyarakat dengan menggunakan akad wadiah. Tabungan tersebut bersifat simpanan, simpanan/dana dapat diambil/tarik kapan saja, dan tabungan wadi’ah aplikasi Hijra Bank tidak ada imbalan yang disyaratkan saat pembukaan rekening tabungan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2023 20:37
Last Modified: 25 Jul 2023 20:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item