EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENALAR SISWA PADA MATERI BILANGAN DAN ALJABAR DI MTS MUHAMMADIYAH 1 CEKELAN

Yulianto, (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENALAR SISWA PADA MATERI BILANGAN DAN ALJABAR DI MTS MUHAMMADIYAH 1 CEKELAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23070170018 Yulianto Tadris Matematika.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan menalar memiliki keterkaitan dengan olimpiade sains nasional. Soal-soal yang tersaji pada olimpiade menuntut siswa untuk mampu menggunakan daya nalar kritisnya. Melalui kemampuan menalar, siswa akan lebih mudah dalam menyerap informasi karena didalamnya terdapat kemampuan memahami konsep dan berdiskusi. Dikarenakan masih rendahnya kemampuan menalar, minimnya jam bimbingan, belum adanya metode ajar yang sesuai serta minimnya keikutkertaan dalam lomba olimpiade, maka diperlukan satu langkah model pembelajaran yang diajarkan untuk bimbingan OSN yakni Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran matematika nalaria realistik terhadap kemampuan menalar siswa pada materi bilangan dan aljabar di MTs Muhammadiyah 1 Cekelan. Jenis penelitian yang digunakan yakni Penelitian Eksperimen tipe One Group Pretest - Posttest dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Cekelan dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data yakni tes, lembar observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji paired samples test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada pretest sebesar 60.85 dan posttest sebesar 87.00 mengalami kenaikan sebear 26.15%. Lembar observasi menunjukkan nilai rata-rata proses pembelajaran sebesar 3.1 pada kategori sangat baik. Hasil analisis data menggunakan paired samples test didapatkan taraf signifikansi sebesar 0.006 < 0.05 yang menunjukkan H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest. Sementara pada hasil uji N-Gain diperoleh data 57.11% pada kategori cukup efektif. Berdasar hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran matematika nalaria realistik cukup efektif terhadap peningkatan kemampuan menalar siswa pada materi bilangan dan aljabar di MTs Muhammadiyah 1 Cekelan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:24
Last Modified: 26 Jul 2023 04:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item View Item