DINAMIKA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS WARGA DUKUH PELEMGDUNG, DUSUN PELEMGADUNG, KECAMATAN KARANGMALANG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN 1997-2018

Abdiningsih, Annisa Putri (2023) DINAMIKA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS WARGA DUKUH PELEMGDUNG, DUSUN PELEMGADUNG, KECAMATAN KARANGMALANG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN 1997-2018. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Annisa Putri Abdiningsih.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dinamika Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) Dalam Meningkatan Religiusitas Warga Dukuh Pelemgadung, Dusun Pelemgadung, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen Tahun 1997-2018”, dalam penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana peran, perjalanan dan masalah yang berkaitan dengan TPQ di Dukuh Pelemgadung diantaranya: 1) mengetahui gambaran umum Dukuh Pelemgadung , 2) mengetahui Sejarah TPQ di tahun 1997- 2018, 3) mengetahui Dinamika TPQ dalam meningkatkan Religiusitas warga Dukuh Pelemgadung. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang dilakukan melalui empat tahab yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Intrepretasi, dan yang terakhir Historiografi. Serat menggunakan pendekatan Sosiologis. Hasil temuan dari penelitian ini adalah TPQ sebagai lembaga yang sifatnya kecil dan dalam konteks ini bagaimana TPQ yang bergerak dalam suatu lembaga pendidikan non formal dapat membawa dampak yang positif bukan hanya untuk anak-anak namun pada orang tua, dan remaja. Aktifitas yang digerakkan oleh manusia dengan menggunakan TPQ sebagai cara pertama untuk memancing timbulnya peningkatan religiusitas warga dukuh Pelemgadung dapat mengubah pola aktifitas masyarakat. Kata kunci: TPQ, Religiusitas, Dinamika

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:49
Last Modified: 26 Jul 2023 20:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item View Item