PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SALATIGA.

, Misbakhul Huda (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Misbakhul Huda 23070180064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Huda, Misbakhul. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Materi Teorema Pythagoras Berbasis Project Based Learning Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP N 3 Salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Project Based Learning, Articulate Storyline 3. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar berbasis Project Based Learning pada materi teorema pythagoras menggunakan Articulate Storyline 3 yang valid, praktis serta efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini terhitung kategori penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementasi, Evaluation). Pada penelitian ini memakai instrumen berupa lembar angket diantaranya angket studi pendahuluan, angket kebutuhan peserta didik, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Selanjutnya, lembar validasi diantaranya lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media, dan yang akhir lembar soal pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil kevalidan bahan ajar sebesar 80,43% dengan kategori sangat valid dan nilai dari uji kepraktisan bahan ajar sebesar 73,5% dengan kategori praktis. Kemudian, untuk hasil nilai pada hasil belajar ada kenaikan dengan rata-rata sebesar 31,5 artinya bahan ajar efektif untuk digunakan. Sehingga, produk bahan ajar berbasis Project Based Learning yang dikembangkan mempunyai kategori valid, praktis dan efektif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2023 16:25
Last Modified: 31 Jul 2023 16:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item View Item