OPTIMALISASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI SENI TARI DI SANGGAR SAKUNTALA SALATIGA

Munawaroh, Siti (2023) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI SENI TARI DI SANGGAR SAKUNTALA SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SITI MUNAWAROH 23050170024 SKRIPSI print.pdf

Download (4MB)

Abstract

Munawaroh, Siti. 2022. Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Seni Tari di Sanggar Sakuntala Salatiga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dewi Wulandari, M. Sn Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara mengembangkan sosial emosional dan menganalisis perkembangan sosial emosional pada anak usia 4-6 tahun melalui seni tari di Sanggar Sakuntala Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi langsung. Sumber data sekunder penelitian ini adalah struktur organisasi, jumlah pelatih, peralatan yang dimiliki, dokumen lain sebagai penunjang penelitian. Analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu model alir, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya berjenis triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan cara mengembangkan sosial emosional pada anak usia 4-6 tahun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, mengutamakan pendekatan agar anak tidak merasa takut. Melatih tari dengan ketulusan supaya nyaman dan mau diarahkan, mengajarkan tari dengan bermain bersama supaya tidak bosan dan bisa menyenangkan, mendengarkan cerita pendek, memberikan ruang anak mengungkapkan pendapatnya dan mengeskpresikan perasaanya, anak-anak dilatih disiplin, dan mengadakan evaluasi setelah latihan selesai. Perkembangan sosial emosional pada anak usia 4-6 tahun memiliki sikap kepercayaan diri yang tinggi, bisa mengendalikan perasaan, anak memiliki sikap toleran, sopan, mandiri, mencintai budaya lokal, dan tidak terpengaruh dengan budaya asing, tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan yang kurang baik bagi dirinya, dan bersikap kooperatif dengan teman Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Anak, Seni Tari

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2023 00:32
Last Modified: 06 Aug 2023 00:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item