PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN MAKET TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mubarokah, Farikhatul (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN MAKET TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Farikhatul Mubarokah_23060190096.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mubarokah, Farikhatul. 2023. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Pembuatan Maket terhadap Hasil Belajar Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Sunan Giri Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL); Maket; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) melalui pembuatan maket terhadap hasil belajar materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia pada peserta didik kelas VII SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Sunan Giri Salatiga tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 126. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model project based learning (PjBL) melalui pembuatan maket terhadap hasil belajar materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia pada peserta didik kelas VII SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun pelajaran 2022/2023 dengan hasil perhitungan hipotesis uji anova (Sig.) adalah 0,000 < 0,05 dan uji independent sampel t-test menggunakan asumsi equal variance assumed memiliki nilai sig. t 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan besar pengaruh sebesar 21,3% berdasarkan nilai Paritial Eta Squared pada kolom kelas sebesar 0,213.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2023 20:07
Last Modified: 07 Aug 2023 20:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17917

Actions (login required)

View Item View Item