IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZHUL QUR’AN DALAM MEMPERKUAT KARAKTER DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB SISWA KELAS 3 SD PLUS TAHFIZHUL QUR’AN ANNIDA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Mufidah, Arba'a Zahro (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZHUL QUR’AN DALAM MEMPERKUAT KARAKTER DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB SISWA KELAS 3 SD PLUS TAHFIZHUL QUR’AN ANNIDA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Fida ACC.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mufidah, Arba’a Zahro. 2023. Implementasi Program Tahfizhul Qur’an Dalam Memperkuat Karakter Disiplin Dan Bertanggung Jawab Siswa Kelas 3 SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga, Dosen Pembimbing Hesti Ariestina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Tahfizhul Qur’an, Karakter Disiplin dan Bertanggung jawab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur kurikulum/program Tahfizhul Qur’an, konstribusi pelaksanaan program Tahfizhul Qur’an dalam memperkuat karakter disiplin dan bertanggung jawab siswa kelas 3, evaluasi pembentukan karakter disiplin dan bertanggung jawab serta kendala dan solusi dalam pembentukan karakter disiplin dan bertanggung jawab melalui program Tahfizhul Qur’an di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur’an Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum tahfizh, guru tahfizh, orang tua siswa dan siswa dan sumber sekunder yakni dari dokumen-dokumen yang berupa, arsip, catatan dan laporan sekolah. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengupulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka diambil kesimpulan bahwa kurikulum program Tahfizhul Qur’an di SD Plus Tahfizhul Qur’an Annida Salatiga adalah setiap hari siswa belajar Al-Qur’an (Every Day with Al-Qur’an) menggunakan metode tilawah, ziyadah, muroja’ah, imtihan dengan taget hafalan yaitu kelas 1 (1 juz), kelas 2 (1,5 juz), kelas 3 (2,5 juz), kelas 4 (2,5 juz), kelas 5 (2,5 juz), dan kelas 6 yaitu muroja’ah. Dengan adanya pelaksanaan program Tahfizhul Qur’an dapat dilihat bahwa siswa mampu melaksanakan kegiatan saat di sekolah, seperti sholat dhuha, setoran hafalan, BTAQ dan muroja’ah bersama serta pembiasaan di rumah, seperti ziyadah, muroja’ah, sholat 5 waktu dan membantu pekerjaan orang tua. Adapun untuk evaluasi pada program Tahfizhul Qur’an yaitu penilaian pada hafalan Al-Qur’an dan BTAQ serta penilaian sikap yang terdapat pada buku muttaba’ah seperti ziyadah, muroja’ah, sholat 5 waktu dan membantu pekerjaan orang tua. Kendala pada pelaksanaan program Tahfizhul Qur’an mulai dari peserta didik yang memiliki usia belum matang dan daya tangkap masing-masing siswa yang berbeda-beda, tenaga pendidik yang kurang serta pengaruh orang tua dan lingkungan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2023 18:50
Last Modified: 14 Aug 2023 18:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item