PENGARUH LONELINESS DAN SCHOOL ENGAGEMENT TERHADAP SOCIAL LOAFING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEMANG KABUPATEN BOGOR

handayani, Widha (2023) PENGARUH LONELINESS DAN SCHOOL ENGAGEMENT TERHADAP SOCIAL LOAFING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEMANG KABUPATEN BOGOR. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Widha Handayani 43040190016_ PI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Widha Handayani. (2023). PENGARUH LONELINESS DAN SCHOOl ENGAGEMENT TERHADAP SOCIAL LOAFING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEMANG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam. Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Agus Hermawan, M.A. Kata Kunci: Loneliness, School Engagement, dan Social Loafing Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui variasi pengaruh loneliness terhadap social loafing pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kemang Bogor. (2) Untuk mengetahui variasi pengaruh school engagement terhadap social loafing pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kemang Bogor. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh loneliness dan school engagement terhadap social loafing pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kemang Bogor secara bersama- sama. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kausalitas dengan mengguanakan uji regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemang Kabupaten Bogor Tahun 2023 berjumlah 324 dengan jumlah sampel sebanyak 85 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variasi pengaruh loneliness terhadap social loafing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemang Bogor memiliki kecenderungan loneliness yang tergolong rendah sebanyak 31 responden atau 36.5%, pada kategori skor sedang terdapat 46 responden atau 54.1% dan untuk kategori skor tertinggi terdapat 8 responden atau 9.4%. (2) Variasi pengaruh school engagement terhadap social loafing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemang Bogor menunjukkan bahwa yang tergolong rendah sebanyak 3 responden atau 3.5% sedangkan kategori skor yang tergolong sedang sebanyak 12 responden atau 14.1% dan yang memiliki kategori skor tertinggi sebanyak 70 responden atau 82.4%. (3) Loneliness dan school engagement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap social loafing dengan nilai F-hitung > F tabel (936.176 > 3.956) dan signifikansi < 0.05 (0.00 < 0.05). Dan koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa Nilai R square sebesar 0.958 artinya persentase sumbangan pengaruh variabel sebesar 95.8% sisanya sebesar 4.2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Jadi, dalam penelitian ini hipotesis diterima.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:39
Last Modified: 15 Aug 2023 00:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17932

Actions (login required)

View Item View Item