PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN GAYA KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA SALATIGA)

Dhermawan, Zulfa (2023) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN GAYA KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA SALATIGA). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
63040190011_Zulfa Dhermawan_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya suatu fenomena yang terjadi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Fenomena tersebut adalah meningkatnya jumlah UMKM makanan dan minuman di Kota Salatiga karena banyak peminat dari masyarakat di dalam kota ataupun di luar kota, selain itu juga UMKM memiliki ketahanan di era pandemik dikarenakan kinerja karyawan yang bagus, maka dari itu disini untuk lebih meningkatkan kinerja karyawan melalui faktor internal yaitu gaya kepemimpinan yang nantinya berguna untuk perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mendapatkan hasil dari pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional(X1), Gaya Kepemimpinan Transformasional(X2), Gaya Kepemimpinan Islami(X3), Kinerja Karyawan(Y), dan Nilai-nilai Islam(Z) pada karyawan UMKM Makanan dan Minuman di Kota Salatiga. Adapun metode penelitain yang digunakan adalah Metode kuantitatif Deskriptif, dengan menggunakan teknik sampel simple random sampling. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data ini adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner pada karyawan UMKM Makanan dan Minuman di Kota Salatiga, dan jumlah dari respondennya adalah 185 Orang. Adapun hasil dari analisis tersebut menunjukan bahwa : (1) Pengaruh gaya kepemipinan transaksional terhadap kinerja karyawan mendapatkan hasil yang positif dan signifikan. (2) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan mendapatkan hasil tidak berpengaruh signifikan. (3) Pengaruh gaya kepemimpinan Islami terhadap kinerja karyawan mendapatkan hasil tidak berpengaruh signifikan. (4) Nilai-nilai Islam tidak dapat memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan. (5) Nilai-nilai Islam tidak dapat memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan. (6) Nilai-nilai Islam dapat memoderasi pengaruh gaya kepemimpinan Islami terhadap kinerja karyawan yang mendapatkan hasil memperkuat. UMKM khususnya makanan dan minuman di Kota Salatiga diharapkan untuk selalu meningkatkan kinerja karyawan, sehingga tercapainya sebuah tujuan perusahaan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2023 19:04
Last Modified: 16 Aug 2023 19:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item