STUDI KASUS TENTANG SELF-ACCEPTANCE KORBAN BULLYING PADA PELAJAR SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA

PUTRI, CYNDI LIDYA SARTIKA (2023) STUDI KASUS TENTANG SELF-ACCEPTANCE KORBAN BULLYING PADA PELAJAR SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
CYNDILIDYASARTIKAPUTRI 43040190077.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying, (2) untuk mengetahui dampak bullying terhadap self-acceptance pada pelajar, dan (3) untuk mengetahui cara mengatasi dampak bullying terhadap self-aacpetance pada pelajar. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam sehingga dapat mendeskripsikan suatu realitas secara lebih jelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk bullying yang terdapat di SMP Muhammadiyah Salatiga yaitu bentuk bullying verbal, bullying fisik dan bullying rasional, namun sebagian besar pelajar di SMP Muhammadiyah mendapatkan bullying secara verbal. (2) Dampak yang terjadi akibat bullying terhadap self-acceptance pada pelajar, yaitu pelajar merasa tidak aman dan nyaman, merasa tidak berharga, merasa tidak percaya diri, memiliki perasaan takut dan terintimidasi, serta sulit untuk bersosialisasi. Pelajar juga belum dapat memiliki self-acceptance yang baik pada dirinya sehingga mudah terpengaruh oleh tindakan bullying dari luar, karena pelajar yang telah memiliki kualitas diri yang baik, mereka tidak mudah terpengaruh, mereka akan mampu untuk memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik, dan dapat memahami konsep diri. (3) Cara mengatasi bullying terhadap self-acceptance yaitu dengan menjadikan orang tua dan guru sebagai peran penting untuk mendidik anak-anak mereka, seperti mengenalkan bahaya bullying, mensehati untuk tidak berbuat di luar batas, sedangkan guru dapat memberikan pelayanan secara optimal. Manfaat penelitian bagi SMP Muhammadiyah Salatiga yaitu dapat lebih mengoptimalkan pelayanan bagi pelajar akan pentingnya ¬self-acceptance dalam diri dan mengenalkan bahaya bullying.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:30
Last Modified: 18 Aug 2023 03:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item