ANALISIS FOTO JURNALISTIK PADA PORTAL BERITA MAINSTREAM DAN PORTAL BERITA PTKIN (UIN SALATIGA, UIN SEMARANG, UIN YOGYAKARTA)

Raudhatusyarifah, Amalia (2023) ANALISIS FOTO JURNALISTIK PADA PORTAL BERITA MAINSTREAM DAN PORTAL BERITA PTKIN (UIN SALATIGA, UIN SEMARANG, UIN YOGYAKARTA). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AMALIA RAUDHATUSYARIFAH_43010190125_SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kualitas foto pada portal berita Mainstream dinilai dari teori foto jurnalistik, 2) Untuk mengetahui kualitas foto pada portal berita PTKIN dinilai dari teori foto jurnalistik, 3) Untuk mengetahui perbedaan penilaian foto jurnalistik antara mahasiswa KPI dan Non KPI (Manajemen Dakawah, Psikologi Islam) di Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 715 mahasiswa. Data penelitian diambil dari sampel 100 mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Salatiga tahun akademik 2019 yaitu 52 mahasiswa KPI dan 48 mahasiswa Non KPI (Manajemen Dakwah, Psikologi Islam). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Stratified ramdom sampling dengan menggunakan kepustakaan, kuesioner, dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney dan uji Wilcoxon dengan bantuan software SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada portal berita Mainstream penilaian antara mahasiswa KPI dan Non KPI (Manajemen Dakwah, Psikologi Islam) tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembelajaran teori foto jurnalistik, dengan nilai Asymp Sig. (2 tailed) adalah 0,772 > 0,05. 2) Pada portal berita PTKIN penilaian antara mahasiswa KPI dan Non KPI (Manajemen Dakwah, Psikologi Islam) tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai pembelajaran teori foto jurnalistik, dengan nilai Asymp Sig. (2 tailed) adalah 0,896 > 0,05. 3) Pada portal berita Mainstream dan portal berita PTKIN terdapat perbedaan penilaian foto jurnalistik dengan nilai Asymp Sig. (2 tailed) 0,007 < 0,05.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2023 18:54
Last Modified: 20 Aug 2023 18:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17940

Actions (login required)

View Item View Item