EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA STELLARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pangastuti, Amalia Nur Rahma (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA STELLARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AMALIA NUR RAHMA PANGASTUTI_23060190010 _compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Stellarium terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin konsep Sistem Tata Surya Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian True-Experimental dan desain penelitian pretest-posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa dan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest- posttest soal, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji realibilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal serta angket respons siswa terhadap Stellarium. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji Independent Samples T-Test yang dihitung menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest 72,81 dan siswa kelas kontrol 55,31. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (72,81 > 55,31). Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai thitung sebesar 6,243 > ttabel 1,998 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis angket respons siswa menunjukkan bahwa penilaian keseluruhan terhadap model discovery learning berbantuan media stellarium diperoleh presentase skor rata-rata sebesar 86,23% dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian pembelajaran menggunakan discovery learning berbantuan media stellarium efektif terhadap hasil belajar IPA pada konsep Sistem Tata Surya siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2023 16:04
Last Modified: 31 Aug 2023 16:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item