DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI SHALAT JENAZAH BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Andriansah, Nur (2023) DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI SHALAT JENAZAH BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur_Andriansah_23010190287_PAI[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada materi shalat jenazah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, terkadang dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti perlu adanya media yang bisa memberi pemahaman yang lebih terhadap materi yang disampaikan sehingga perlu dikembangkan media yang efisien dan efektif. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah Prof. Sugiyono yang meliputi mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Akan tetapi, pada pelaksanaannya peneliti hanya menggunakan 7 fase saja dari keseluruhannya. Dari hasil validasi ahli dapat disimpulkan bahwa hasil presentasi uji ratarata sebesar 94% sehingga sangat layak, sedangkan uji efisiensi masuk pada kategori sangat efisien yaitu dengan nilai 91%. Hasil nilai pretest dan posttest kelas percobaan (treatment) SMP Negeri 1 Moga nilai rata-ratanya 79 meningkat menjadi 95,67. kelas kontrol kelas 8B SMP Negeri 2 Pulosari rata-ratanya 73,54 meningkat menjadi 90,6. Kelas kontrol kelas 8A SMP Negeri 2 Pulosari nilai rataratanya 70,63 meningkat menjadi 90,21. Dari hasil uji Wilcoxon Sign Ranks Test diketahui nilai Asymp. Sig 0,05; uji Mann Whitney U-Test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) antara SMP Negeri 1 Moga v SMP Negeri 2 Pulosari (B) dan SMP Negeri 1 Moga v SMP Negeri 2 Pulosari (A) 0,05; hasil uji N-Gain pada kelas kontrol A dan B didapat rata-ratanya masing-masing 0,7 dan 0,6 dimana kategori keduanya adalah sedang. Untuk kelas treatment nilai rata-ratanya adalah 0,8 sehingga masuk pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil uji di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari adanya penggunaan media animasi dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pada. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaan media animasi materi shalat jenazah dengan metode Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2023 23:33
Last Modified: 13 Sep 2023 23:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18004

Actions (login required)

View Item View Item