Pola Komunikasi Masyarakat Muslim Terhadap Komunitas Kepercayaan Sapto Darmo di Desa Kemawi Dalam Menjaga Kerukunan Beragama

Priswantoko, Indra Bagus (2023) Pola Komunikasi Masyarakat Muslim Terhadap Komunitas Kepercayaan Sapto Darmo di Desa Kemawi Dalam Menjaga Kerukunan Beragama. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
INDRA BAGUS P 43010180136.pdf

Download (2MB)
[img] Text
INDRA BAGUS P 43010180136.pdf

Download (2MB)
[img] Text
INDRA BAGUS P 43010180136.pdf

Download (2MB)

Abstract

Priswantoko, Indra Bagus. 2023. Pola Komunikasi Masyarakat Muslim terhadap Komunitas Kepercayaan Sapto Darmo di Desa Kemawi Dalam Menjaga Kerukunan Beragama. . Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M. Ag. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Muslim, Sapto Darmo, Kerukunan Beragama Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi masyarakat Muslim dengan masyarakat kepercayaan Sapto Darmo dalam menjaga kerukunan bergama dan bagaimana bentuk kerukunan antara masyarakat Muslim dengan masyarakat kepercayaan Sapto Darmo di Desa Kemawi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang didapatkan di lapangan kemudian dibuat catatan lapangan dan narasi hasil penelitian. Narasi yang di buat dianalisi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat Muslim dan masyarakat kepercayaan Sapto Darmo di Desa Kemawi, objek penelitian ini adalah kerukunan beragama. Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi masyarakat muslim dan masyarakat kepercayaan Sapto Darmo dalam menjaga kerukunan beragama di Desa Kemawi menggunakan pola komunikasi roda dan pola komunikasi bintang berjalan dengan baik. Masyarakat muslim dan Sapto Darmo di Desa Kemawi hidup dengan rukun dan tentram tanpa ada konflik antar umat beragama Bentuk kerukunan antara masyarakat muslim dengan masyarakat kepercayaan Sapto Darmo di Desa Kemawi yaitu : 1) Dalam kegiatan gotong royong semua masyarakat ikut andil partisipasi, 2) Saling membantu ketika salah satu golongan ada yang membutuhkan bantuan 3)Saling menyapa ketika betemu dan sering kumpul bareng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 18:00
Last Modified: 14 Sep 2023 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item