PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), STRUKTUR MODAL, DAN VOLUNTARY DISCLOSURE TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di ISSI Periode 2019-2021)

Intanawati, Feranika (2023) PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), STRUKTUR MODAL, DAN VOLUNTARY DISCLOSURE TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di ISSI Periode 2019-2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Feranika Intanawati Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Feranika Intanawati Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Feranika Intanawati Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Struktur Modal, dan Voluntary Disclosure Terhadap Kualitas Laba dengan Konservatisme Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di ISSI yang terdiri dari 159 perusahaan yang termuat dalam www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel menggunakan teksik purposive sampling yang terdiri dari 35 perusahaan dengan periode pengamatan selama 3 tahun. Sehingga total sampel yang digunakan adalah 105. Analisis data yang digunakan berupa uji t, uji f, uji R2 dan uji Moderate Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu berupa eviews 9. Hasil menunjukan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba, IOS dan voluntary disclosure berpengaruh negative dan tidak signifikan. Variabel IOS dan voluntary disclosure tidak mampu dimoderasi oleh konservatisme akuntansi dalam mempengaruhi kualitas laba. Sedangkan pengaruh struktur modal dengan kualitas laba mampu dimoderasi oleh konservatisme akuntansi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2023 21:30
Last Modified: 15 Sep 2023 21:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18020

Actions (login required)

View Item View Item