PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 1 SUBTEMA 4 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN MELALUI METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DENGAN MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS 3 MI

Sulistiyowati, (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 1 SUBTEMA 4 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN MELALUI METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DENGAN MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS 3 MI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SULISTIYOWATI (23040190017) PGMI S1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar siswa mengenai tema 1 subtema 4 pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan masih berada pada rentang yang rendah dibawah KKM 75. Mengingat hasil belajar itu urgen, kondisi dilapangan yang seperti itu jika tidak segera ditangani akan berdampak buruk terhadap prestasi dan sikap sosial mereka ketika hidup dilingkungan sekitar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode CTL dengan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 1 subtema 4 pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan pada siswa kelas 3 MI. Penelitian yang dilakukan berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Al Ihsan Soborejo yang terdiri dari 7 siswa yakni 3 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Setiap siklus penelitian yang dilakukan terdapat empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitan ini dilakukan dengan teknik observasi, pengukuran hail tes belajar, dokumentasi serta catatan lapangan yang dibuat ketika penelitian berlangsung. Analisis penelitian dilakukan dengan membandingkan ketuntasan hasil belajar antara siklus I dan siklus II dimana peningkatan ketuntasan mencapai angka 85%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode CTL dengan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 1 subtema 4 pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan pada siswa kelas 3 MI. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dari kegiatan pra siklus sebanyak 2 siswa yang tuntas dengan persentase 28,6% dan 5 siswa yang belum tuntas dengan persentase 71,4%. Pada siklus I terdapat 4 siswa yang tuntas dengan persentase 57,1% dan 3 siswa yang belum tuntas dengan persentase 42,9%. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan 6 siswa yang tuntas dengan persentase 85,7% dan 1 siswa yang belum tuntas dengan persentase 14,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk menerapkan metode CTL dengan media interaktif pada pembelajaran, dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2023 23:33
Last Modified: 23 Sep 2023 23:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item View Item