PENGGUANAAN MEDIA ‘POLI’ UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA GLORY ISLAMIC KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

HASANAH, RADHIYYATUL (2023) PENGGUANAAN MEDIA ‘POLI’ UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA GLORY ISLAMIC KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Radhiyyatul Hasanah 23050190005 PIAUD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Radhiyyatul Hasanah 23050190005 PIAUD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Radhiyyatul Hasanah 23050190005 PIAUD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Radhiyyatul Hasanah 23050190005 PIAUD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Radhiyyatul Hasanah 23050190005 PIAUD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan Media POLI Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Glory Islamic Kota Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengguaan media POLI dan serta faktor pendukung dan faktor penghambat untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Glory Islamic Kota Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Kemudian penggunaan media POLI untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun ajar di RA Glory Islamic Kota Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun tekhnik yang dipakai peneliti untuk mendapatkan data yakni dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa RA Glory Islamic Kota Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media POLI untuk untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Glory Islamic Kota Salatiga tahun ajaran 2022/2023, adalah sebagai berikut: 1) Guru mempersiapkan media POLI 2) Guru menjelaskan mengenai media POLI 3) Memecahkan masalah yang mudah dengan bisa menentukan ragam main yang akan dimainkan 4) Menyusun perencanaan dengan menetukan alat alat dan aturan main bersama 5) Membilang bilangan dan lambang bilangan dengan cara mengenalkan lambang bilangan 1-10 6) Mengenal konsep angka 1 sampai 10 yang dilakukan guru dengan cara menghubungkan lambang bilangan dengan benda benda 7) Memahami berbagai huruf konsonan dan vocal dengan cara menulis beberapa kata. Sementara faktor pendukung penggunaan media POLI yaitu : 1) Faktor guru, 2) Faktor model pembelajaran, 3) Faktor siswa, 4) Faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambat dalam penggunaan media POLI adalah sebagai berikut: 1) Kurangnya tenaga pendidik, 2) Faktor siswa, 3) Faktor jam Pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2023 16:15
Last Modified: 25 Sep 2023 16:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18041

Actions (login required)

View Item View Item