Pengaruh Infrastruktur, Investasi, Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dengan Kesempatan Kerja sebagai Variabel Intervening (studi kasus Negara Malaysia Tahun 2000-2021)

Kafi, Muhammad (2023) Pengaruh Infrastruktur, Investasi, Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dengan Kesempatan Kerja sebagai Variabel Intervening (studi kasus Negara Malaysia Tahun 2000-2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD KAFI 63020180205 FIX REVISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD KAFI 63020180205 FIX REVISI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Infrastruktur merupakan salah satu indikator pembangunan yang dapat membantu menggerakkan sektor rill, penyerapan tenaga kerja, peningkatan konsumsi masyarakat, dan memicu kegiatan produksi, pemerintah. Dalam infrastruktur, kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi berhubungan dengan investasi sebagai alat pendorong terutama untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Kesempatan kerja dan kesejahteraan masyarakat memiliki hubungan yang erat, kesempatan kerja menggambarkan peran masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan, yaitu kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalah, infrastruktur, investasi, pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan kesempatan kerja negara Malaysia dengan rentang waktu dari tahun 2000-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan jenis data yang digunakan berbentuk data time series, yang kemudian data tersebut dianalilis menggunakan beberapa uji meliputi uji stasioneritas, uji asumsi klasik serta analisis path. Hasil dari penelitian ini adalah infrastruktur memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesempatan kerja. Investasi memberikan pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kesempatan kerja. Pertumbuhan ekonomi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja. Kesempatan kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Kesempatan kerja tidak mampu memediasi pengaruh infrastruktur terhadap kesejahteraan masyarakat. Kesempatan kerja diketahui mampu memediasi pengaruh investasi terhadap kesejahteraan masyarakat. Kesempatan kerja diketahui mampu memediasi pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat di negara Malaysia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2023 17:13
Last Modified: 25 Sep 2023 17:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item