SERTIFIKASI HALAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL DAN MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki di Karanganyar)

Putri, Yanur Maharus Satiti (2023) SERTIFIKASI HALAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL DAN MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki di Karanganyar). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI YANUR_33020190071..pdf

Download (4MB)

Abstract

Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner makanan di Kabupaten Karanganyar. Adapun yang melatarbelakangi peneliti tertarik untuk membuat penelitian skripsi ini, yaitu didasarkan pada pelaku usaha dalam memperdagangkan produk Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki di Karanganyar tanpa adanya sertifikasi halal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika sertifikasi halal UMKM Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki di Karanganyar dan bagaimana analisis sertifikasi halal UMKM Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki di Karanganyar dalam perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 dan Maqashid Syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif melalui penelitian lapangan (field research), pendekatan non-doktrinal atau yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini problematika sertifikasi halal yang dialami pelaku usaha Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki, yaitu pengajuan sertifikasi halal pada produk makanannya terhambat karena bahan daging yang digunakan berasal dari Rumah Pemotongan Hewan yang belum bersertifikat halal, sulitnya mencari Rumah Pemotongan Hewan yang sudah bersertifikat halal, proses pengajuan sertifikasi halal yang susah, dan minimnya kesadaran pemilik Rumah Pemotongan Hewan akan kewajiban sertifikasi halal. Dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal terhadap kewajiban sertifikasi halal pada produk Pide Turki Pizza dan Istanbul Kebab Turki di Karanganyar belum terlaksana karena belum mempunyai sertifikasi halal. Dalam Maqashid Syariah terhadap kewajiban sertifikasi belum terlaksana dan terpenuhi karena tidak adanya sertifikasi halal pada produk yang diperdagangkan, sehingga dapat mengancam pemeliharaan agama dan jiwa berupa belum memberikan kejelasan kehalalan pada produk dan dikhawatirkan produk tersebut tidak layak dikonsumsi sehingga dapat mengganggu kesehatan dan dapat mengancam jiwa konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2023 17:30
Last Modified: 25 Sep 2023 17:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item