PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA KITS PADA SISWA KELAS V MI ARROSYIDIN PAYAMAN

Ahmadia, Nabila (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA KITS PADA SISWA KELAS V MI ARROSYIDIN PAYAMAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Nabila Ahmadia 23040180134 Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Nabila Ahmadia 23040180134 Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Nabila Ahmadia 23040180134 Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas V.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmadia, Nabila. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia Melalui Metode CTL Berbantu Multimedia KITS pada Siswa Kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode CTL, Multimedia KITS Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi karakteristik geografis Indonesia melalui metode CTL berbantu multimedia KITS pada siswa kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode CTL berbantu multimedia KITS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, pengamatan dan dokumentasi. Tes tertulis diberikan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan materi pokok karakteristik geografis Indonesia. Adapun data dianalisis dengan menggunakan rumusan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan metode CTL berbantu multimedia KITS dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi karakteristik geografis Indonesia pada siswa kelas V MI Arrosyidin Payaman Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Hasil belajar IPS pada pra siklus yang tuntas sebanyak 8 siswa (33%) sedangkan yang belum tuntas 16 siswa (67%) dengan nilai rata-rata 54. Kemudian pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (71%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 7 siswa (29%) dengan nilai rata-rata 70. Dan pada pra siklus II yang tuntas sebanyak 20 siswa (83%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (17%) dengan nilai rata-rata 72. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (88%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (12%) dengan nilai rata-rata 82. Dari seluruh pembahasan dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil karena sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 85% sehingga penelitian dihentikan sampai siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 00:59
Last Modified: 26 Sep 2023 00:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18048

Actions (login required)

View Item View Item