Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Kelas VIII SMP N 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023.

SUDYARTI, YO AFNAN AGUSTIN (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Kelas VIII SMP N 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Yo Afnan Agustin S 23060190099.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Yo Afnan Agustin S 23060190099.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sudyarti, Yo Afnan Agustin. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Kelas VIII SMP N 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci: Think Talk Write (TTW), Mind Mapping, Berpikir Kritis Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui diskripsi kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) berbasis Mind Mapping, untuk mengetahui hubungan kemampuan beripikir kritis dengan model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) berbasis Mind Mapping, untuk mengetahui pengaruh kemampuan beripikir kritis dengan model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) berbasis Mind Mapping. Penelitian ini termasuk dalam True Experimental Desain yang menggunakan Posttest-Only Control. Data pada penelitian ini diambil menggunakan metode cluster random sampling dengan kelas VIII F (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol) SMP N 1 Pabelan, yang masing-masing bejumlah 35 siswa dan 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal, angket, dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan melalui koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaplikasian model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) berbasis Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena mempermudah siswa saat menangkap materi yang disampaikan. Hal ini bisa diamati dari hasil angket yang menghasilan 17,2% dan 45,8% siswa sangat setuju dan setuju dengan pengaplikasian model Think Talk Write (TTW) berbasis Mind Mapping dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil uji korelasi memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang cukup sesuai dengan nilai signifikansi sebesar 0,368 antar variabel yang dibutuhkan, dan memiliki pengaruh sebesar 18,8% antara dua variabel dalam hasil uji regresi linier sederhana dengan besaran signifikansi 0,009. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write (TTW) berbasis Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi struktur bumi dan perkembangannya kelas VIII SMP N 1 Pabelan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2023 21:16
Last Modified: 27 Sep 2023 21:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item