KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROSES PENYEMBUHAN GANGGUAN JIWA DI YAYASAN DZIKRUL GHOFILIN EROREJO KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO

Febriyana, Akmaliyya (2023) KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROSES PENYEMBUHAN GANGGUAN JIWA DI YAYASAN DZIKRUL GHOFILIN EROREJO KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Akmaliyya Febriyana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Akmaliyya Febriyana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Akmaliyya Febriyana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Akmaliyya Febriyana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Akmaliyya Febriyana.pdf

Download (3MB)

Abstract

Febriyana, Akmaliyya. 2023. Komunikasi Terapeutik dalam Proses Penyembuhan Sakit Mental di Yayasan Dzikrul Ghofilin Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhamad Fahrudin Yusuf, M. A. Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik; Gangguan Jiwa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi terapeutik dalam metode penyembuhan pasien gangguan jiwa di Yayasan Dzikrul Ghofilin Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosbobo. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan bersifat deskriptif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan mendalam dan dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan teknik sedalam-dalamnya. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat Yayasan Dzikrul Ghofilin menggunakan beberapa metode terapi dalam proses penyembuhan pasiennya, diantaranya adalah konseling, metode refleksi, metode relaksasi, meningkatkan produktivitas, kegiatan berkelompok, metode kerohanian yang dalam penerapan metode penyembuhannya menggunakan teknik, tahapan serta tujuan komunikasi terapeutik. Penerapan komunkasi terapeutik dalam setiap metode penyembuhan yang diterapkan perawat terhadap pasien di Yayasan Dzikrul Ghofilin menggunakan pola komunikasi interpersonal, baik itu teknik, tujuan maupun fase atau tahapan komunikasi terapeutik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2023 23:26
Last Modified: 27 Sep 2023 23:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item