PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SITUS

Nuha, Ahmad Hadziqun (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SITUS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23070180087 Ahmad Hadziqun Nuha.pdf

Download (5MB)
[img] Text
23070180087 Ahmad Hadziqun Nuha.pdf

Download (5MB)
[img] Text
23070180087 Ahmad Hadziqun Nuha.pdf

Download (5MB)
[img] Text
23070180087 Ahmad Hadziqun Nuha.pdf

Download (5MB)
[img] Text
23070180087 Ahmad Hadziqun Nuha.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nuha, Ahmad Hadziqun. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Situs Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Phytagoras pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al Azhar Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Powtoon, Hasil Belajar Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan situs Powtoon terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analyze, design, develop, implement, evaluate. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa instrumen untuk pengumpulan data. Instrumen tersebut mencakup angket respon guru dan angket respon peserta didik. Selain itu, digunakan juga lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli tampilan sebagai bentuk validasi. Terakhir, terdapat juga lembar soal pretest-posttest sebagai alat evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung adalah -5,736, sedangkan tTabel adalah 2,068. Karena nilai thitung (-5,736) bersifat negatif, dapat disimpulkan bahwa thitung > tTabel. Selain itu, tingkat signifikansi (0,000) < (0,05). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran berbasis video animasi menggunakan situs powtoon efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi teorema phytagoras di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2023 16:51
Last Modified: 29 Sep 2023 16:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18058

Actions (login required)

View Item View Item