PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 2 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Malini, Khusni Nur (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 2 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi-Khusni Nur Malini.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi-Khusni Nur Malini.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi-Khusni Nur Malini.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi-Khusni Nur Malini.pdf

Download (2MB)

Abstract

Malini, Nur Khusni. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 2 Subah Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran experiential jelajah alam sekitar (EJAS) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Subah tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar-mengajar di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C yang berjumlah 32 peserta didik dengan komposisi 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) antara lain; 1) fase eksplorasi, 2) fase interaksi, 3) fase komunikasi, 4) fase refleksi. Media dari pembelajaran ini adalah lingkungan alam sekitar yang mana memiliki tujuan memberikan berbagai pengalaman dunia nyata yang dapat dipelajari siswa secara langsung untuk memperluas wawasannya. Sehingga, siswa lebih terlibat dalam pembelajaran melalui kegiatan eksplorasi ketika mereka belajar menggunakan model pembelajaran EJAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Subah, pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II yaitu peningkatan hasil belajar siswa dimana pada siklus I dengan perolehan nilai rata-rata kelas yaitu 66,56 dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 13 anak atau 41% dan siklus II dengan perolehan nilai rata-rata kelas yaitu 80,78 dengan jumlah siswa siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa atau 91%. Peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Subah dari siklus I ke siklus II yaitu 14,22 dengan presentase ketuntasan 50%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2023 16:40
Last Modified: 06 Oct 2023 16:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item