RESPONSIVITAS TERHADAP PROBLEMATIKA JAMAAH HAJI SEBAGAI BENTUK TINGKAT LAYANAN KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA TAHUN 2019

Wardhana, Niko Kusuma (2023) RESPONSIVITAS TERHADAP PROBLEMATIKA JAMAAH HAJI SEBAGAI BENTUK TINGKAT LAYANAN KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Niko Kusuma Wardhana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Niko Kusuma Wardhana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Niko Kusuma Wardhana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Niko Kusuma Wardhana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Niko Kusuma Wardhana.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wardhana, Niko Kusuma. 2023. Resposivitas Terhadap Problematika Jam’ah Haji Sebagai Bentuk Tingkat Layanan Kementerian Agama Kota Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Reza Ahmadiansyah, M.Si. Kata Kunci: Responsivitas; Problematika; Pelayanan; Haji Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi jamaah dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 oleh Kementerian Agama Kota Salatiga, selain itu juga untuk mengetahui bagaimana responsivitas Kementerian Agama Kota Salatiga dalam menangani problematika yang terjadi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, peneliti mengumpulkan data langsung dari Kementerian Agama Kota Salatiga secara alamiah dengan maksud untuk mendapatkan berbagai informasi tentang problematika yang terjadi pada saat penyelenggaraan ibadah haji regular oleh Kementerian Agama Kota Salatiga tahun 2019. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yakni didapatkan melalui wawancara dengan pihak Kementerian Agama Kota Salatiga bagian Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) sebagai pihak yang menyelenggarakan dan bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan ibadah haji di Kota Salatiga. Selain itu peneliti juga melakukan pengamatan secara langsung tentang bagaimana langkah-langkah atau tindakan yang diambil Kementerian Agama dalam menangani problematika jamaah. Selain dengan pihak Kementerian Agama Kota Salatiga, peneliti juga melakukan wawancara secara langsung dengan jamaah yang mengalami problematika ketika sedang menjalankan ibadah haji melalui penyelenggaraan ibadah haji oleh Kementerian Agama Kota Salatiga pada tahun 2019. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan 4 idikator yaitu kecepatan, ketepatan, kejelasan serta tindak lajut dari teori yang telah dikemukakan oleh Dwiyanto. Ditemukan bahwa responsivitas Kementerian Agama Kota Salatiga dalam menangani prolematika jamaah pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari tindakan yang diambil oleh petugas dalam menangani berbagai problematika yang dihadapi oleh jamaah pada saat pelaksanaan ibadah haji tahun 2019. Selain itu persiapan yang telah dilakukan oleh petugas, serta siergivitas yang telah dibangun oleh petugas dengan beragai pihak yang terlibat juga menjadikan salah satu faktor keberhasilan terselenggaranya pelaksanaan ibadah haji oleh Kementerian Agama Kota Salatiga pada tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika jamaah haji tahun 2019 serta mengetahui bagaimana responsivitas petugas dalam menangani problematika jamaah haji 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2023 17:21
Last Modified: 09 Oct 2023 17:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item