KARTINI, WULANDARI DYAH AYU (2023) STRATEGI PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA DI MAN 4 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi Wulandari Dyah Ayu Kartini Repository-dikompresi.pdf Download (1MB) |
|
Text
skripsi Wulandari Dyah Ayu Kartini Repository-dikompresi.pdf Download (1MB) |
|
Text
skripsi Wulandari Dyah Ayu Kartini Repository-dikompresi.pdf Download (1MB) |
|
Text
skripsi Wulandari Dyah Ayu Kartini Repository-dikompresi.pdf Download (1MB) |
|
Text
skripsi Wulandari Dyah Ayu Kartini Repository-dikompresi.pdf Download (1MB) |
|
Text
skripsi Wulandari Dyah Ayu Kartini Repository-dikompresi.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kartini, Wulandari Dyah Ayu. 2023. Strategi Pembinaan Keberagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Boyolali Tahun Ajaran 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Rahmat Hariyadi, M.Pd. Kata Kunci: Keberagamaan,strategi, pembinaan siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembinaan keberagamaan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Boyolali meliputi strategi pembinaan kemampuan BTQ siswa, strategi pembinaan ibadah, strategi pembinaan akhlak pada siswa dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer berupa hasil pengamatan dan wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan siswa. Sumber sekunder berupa dokumen yang menunjang penelitian ini. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi pembinaan kemampuan BTQ pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Boyolali melalui kegiatan pembiasaan yaitu membaca al-Qur’an, hafalan surat-surat pendek dan do’a harian di awal pelajaran jam pertama,serta kegiatan pendukung yaitu ekstrakulikuler tilawah. 2) Strategi pembinaan ibadah siswa melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di masjid, pembiasaan sholat dhuha,sholat Jum’at wajib, peringatan hari besar Islam. 3)strategi pembinaan akhlak siswa melalui keteladanan dari guru,pembiasaan diri berupa cara berpakaian,cara berpenampilan, cara berinterkasi dengan guru dan teman yang selalu di awasi, pembiasaan berjabat tangan setiap pagi. 4)faktor pendukung dan penghambat pembinaan keberagamaan siswa, faktor pendukung pembinaan keberagamaan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Boyolali yakni pembiasaan kegiatan keagamaan setiap hari, fasilitas sekolah yang mendukung, sivitas akademik, bapak ibu dan karyawan turut mengkondisikan akhlak siswa ,timbulnya kesadaran dari diri sendiri. Faktor penghambat pembinaan pada siswa yakni keberagaman kemampuan dalam satu kelas, tidak seimbangnya jumlah guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, waktu yang kurang memadai latar belakang yang berbeda, kurang keikutsertaan Bapak Ibu guru, pergaulan dan lingkungan yang tidak baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:09 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18099 |
Actions (login required)
View Item |