PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY OAFINDO DALAM PENGOLAHAN MANISAN CARICA MENJADI PRODUK KHAS DAERAH DI DESA RECO KECAMATAN KRETEK KABUPATEN WONOSOBO

SARI, AMALIA NURUSIFA (2023) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HOME INDUSTRY OAFINDO DALAM PENGOLAHAN MANISAN CARICA MENJADI PRODUK KHAS DAERAH DI DESA RECO KECAMATAN KRETEK KABUPATEN WONOSOBO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-2-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-2-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-2-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-2-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Home Industry Oafindo merupakan usaha yang bergerak dibidang pengolahan buah carica menjadi produk khas daerah Wonosobo, yaitu manisan carica sebgai oleh-oleh khasnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Oafindo dalam pengolahan manisan Carica menjadi produk khas daerah di Desa Reco Kecamatan Kretek Kabupaten Wonosobo, (2) Untuk mengetahui dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Oafindo dalam pengolahan manisan Carica terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam memperoleh data. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian manajer home industry, staff QC dan PPIC produksi home industry, staff marketing home industry, perangkat Desa Reco dan masyarakat Desa Reco. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Dalam melakukan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, proses pemberdayaan ekonomi yang dilakukan Home Industry Oafindo ada tiga tahapan pemberdayaan yaitu tahap penyadaran, tahap transformasi dan tahap peningkatan intelektualitas. Kedua, dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam pengolahan manisan carica terhadap kesejahteraan ekonomi yaitu adanya peningkatan pendapatan masyarakat, terbentuknya lapangan kerja baru dan meningkatkan partisipasi berbagai kalangan masyarakat, sehingga home industry lebih dikenal banyak orang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:43
Last Modified: 12 Oct 2023 05:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item