PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 03 KOTA SEMARANG

, Herlina Kusumaningtyas (2023) PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN SRONDOL KULON 03 KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HERLINA KUSUMANINGTYAS 23040190060 HARD COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HERLINA KUSUMANINGTYAS 23040190060 HARD COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HERLINA KUSUMANINGTYAS 23040190060 HARD COVER.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing berbantuan media video animasi interaktif terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Srondol Kulon 03 Kota Semarang. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode Pre Experimental Design (nondesigns). Bentuk pre-experimental design tipe One-Group Pretest Posttest. Sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 26 dan Microsoft Excel 2013. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode role playing berbantuan media video animasi interaktif terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest yaitu 60,17 dan nilai rata-rata posttest yaitu. 80,71. Jadi, siswa mengalami kenaikan rata-rata yaitu sebesar 20,54. Berdasarkan hasil output test statistic diatas hasil Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 15:27
Last Modified: 12 Oct 2023 15:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18104

Actions (login required)

View Item View Item