PENGARUH EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DAN ALTRUISME TERHADAP LIFE SATISFACTION PADA ANGGOTA RELAWAN UBALOKA KOTA SEMARANG

Rifai, Tasalia Wijayanti (2023) PENGARUH EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DAN ALTRUISME TERHADAP LIFE SATISFACTION PADA ANGGOTA RELAWAN UBALOKA KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
A. SKRIPSI TASALIA (CD).pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi cetak B5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Tasalia.Wr.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Tasalia.Wr.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rifai, Tasalia Wijayanti. 2023. Pengaruh Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan Altruisme Terhadap Life Satisfaction Pada Anggota Relawan UBALOKA Kota Semarang. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Emotional Spiritual Quotient (ESQ), Altruisme, dan Life Satisfaction Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat (1) pengaruh Emotional Spiritual Quotient (ESQ) terhadap Life Satisfaction, (2) pengaruh Altruisme terhadap Life Satisfaction, dan (3) pengaruh Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan Altruisme terhadap Life Satisfaction pada anggota relawan Ubaloka Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey eksplanatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Adapun jenis kuesioner yang dipakai berbentuk skala penelitian, yaitu skala emotional spiritual quotient (ESQ), skala altruisme, dan skala life satisfaction yang disusun oleh peneliti sendiri berdasarkan aspek-aspek dalam teori yang sudah ada. Populasi dalam penelitian ini merupakan anggota relawan Ubaloka Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian yang dipakai berjumlah 30 orang yang merupakan anggota relawan aktif dan masih menempuh pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan emotional spiritual quotient (ESQ) terhadap life satisfaction, dengan hasil signifikasi emotional spiritual quotient (ESQ) (X1) sebesar 0,002 < 0,05. Hasil perhitungan nilai thitung menunjukkan lebih besar dari ttabel sebesar 3,499 > 2,052. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan altruisme terhadap life satisfaction, dengan hasil signifikasi altruisme (X2) sebesar 0,002 < 0,05. Hasil perhitungan nilai thitung menunjukkan lebih besar dari ttabel sebesar 3,338 > 2,052. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. (3) terdapat pengaruh dan signifikan emotional spiritual quotient (ESQ) dan altruisme terhadap life satisfaction pada anggota relawan Ubaloka Kota Semarang, dengan hasil signifikasi life satisfaction (Y) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan nilai Fhitung menunjukkan lebih besar dari Ftabel yaitu 10,589 > 3,35 yang artinya Ha diterima. Sehingga berbunyi terdapat pengaruh emotional spiritual quotient (ESQ) dan altruisme terhadap life satisfaction pada anggota relawan Ubaloka Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 21:54
Last Modified: 12 Oct 2023 21:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18120

Actions (login required)

View Item View Item