PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 6 TENTANG SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS 3 MI MA’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

indriyanti, (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 6 TENTANG SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS 3 MI MA’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
INDRIYANTI 23040190005_finish skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
INDRIYANTI 23040190005_finish skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
INDRIYANTI 23040190005_finish skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
INDRIYANTI 23040190005_finish skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
INDRIYANTI 23040190005_finish skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
INDRIYANTI 23040190005_finish skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Indriyanti.2023. Peningkatan Hasil Belajar Tema 6 Tentang Sumber Energi Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Portofolio Pada Siswa Kelas 3 MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Yogi Kuncoro Adi, M.Pd Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mind Mapping, Portofolio. Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Hasil belajar merupakan hal yang penting karena sebagai acuan untuk menentukan capaian siswa dalam proses belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping berbasis portofolio dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IIIB MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah dengan berjumlah 16 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan portofolio. Teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar tematik menggunakan mind mapping memperoleh data sebanyak 8 siswa (50%) mengalami ketuntasan dan sebanyak 8 siswa (50%) mengalami ketidaktuntasan, dengan rata-rata 68.06. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu seluruh siswa yang hadir berjumlah 15 siswa mengalami ketuntasan dengan rata-rata seluruhnya 89.46. Aktivitas guru terjadi peningkatan dari melakukan 9 aspek menjadi 10 aspek dari 11 aspek yang tertera. Siswa juga terjadi peningkatan menjadi lebih aktif, dan bersemangat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas 3 MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah mengalami peningkatan Penelitian ini dapat sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya agar dapat dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan aspek-aspek yang lain maupun variabel-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:01
Last Modified: 13 Oct 2023 02:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item