Khikma, Ila Tul (2023) Proses Pembelajaran Anak Inklusi Di MI Ma'arif Gedangan Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_ILA TUL KHIKMA_23040190108.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran, Anak Inklusi, Madrasah Ibtidaiyah Tujuan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran anak inklusi di MI Ma’arif Gedangan dan kendala yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran terhadap anak inklusi di MI Ma’arif Gedangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, anak reguler, dan anak inklusi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran anak inklusi di MI Ma’arif Gedangan dilaksanakan secara urut berdasarkan RPP dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada kegiatan pembelajaran ABK tidak di dampingi oleh GPK hanya didampingi oleh guru kelas saja. Adapun materi yang disampaikan antara ABK dengan anak reguler adalah sama. Kendala proses pembelajaran anak inklusi terbagi menjadi beberapa faktor yaitu faktor lingkungan seperti belum tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan inklusi serta belum adanya guru pendamping khusus untuk mengawasi dan membimbing ABK selama proses pembelajaran berlangsung. Faktor anak, kondisi emosional ABK yang tidak stabil yang mengakibatkan pembelajaran pada anak reguler terganggu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 16:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 16:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18129 |
Actions (login required)
View Item |