PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN ASING, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 30 Periode 2019-2022)

UTAMI, BAROKAH PUJI (2023) PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN ASING, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT DENGAN TAX AVOIDANCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 30 Periode 2019-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Barokah Puji Utami-Cetak Skripsi Fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Barokah Puji Utami-Cetak Skripsi Fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Barokah Puji Utami-Cetak Skripsi Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang diberikan komisaris independen, kepemilikan asing, dan kepemilikan manajerial terhadap earnings management dengan tax avoidance sebagai variabel intervening. Ketiga variabel independen tersebut dianggap penting dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas keputusan perusahaan. Namun, penerapan kebijakan perusahaan tidak selalu optimal, sehingga menimbulkan potensi praktik earnings management untuk memanipulasi laporan keuangan guna mencapai tujuan tertentu. Maka dari itu tax avoidance berperan sebagai mediator antara pengaruh ketiga variabel independent tersebut terhadap praktik earnings management pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif dengan menggunakan data panel, kemudian analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dan path analysis dengan aplikasi eviews 10. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di jakarta islamic index 30 (JII 30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intervening berupa tax avoidance tidak berpengaruh signifikan terhadap earnings management sehingga variabel tax avoidance tidak mampu memediasi pengaruh good corporate governance yang diwakili variabel komisaris independen, kepemilikan asing, dan kepemilikan manajerial terhadap earnings management secara sepenuhnya. Akan tetapi variabel independen kepemilikan asing mampu mempengaruhi earnings management secara positif dan signifikan tanpa adanya mediasi dari tax avoidance. Sedangkan variabel komisaris independen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap earnings management. Kemudian pada substruktural 2 variabel indepen kepemilikan manajerial berpengaruh saecara positif dan signifikan terhadap tax avoidance sedangkan varianbel komisaris independen dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Keywords: Komisaris Independen, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Manajerial, Earnings Management, Tax Avoidance

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 17:08
Last Modified: 13 Oct 2023 17:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item