Fidiawati, Alfi (2023) PENYESUAIAN DIRI GURU NON-PLB DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA SISWA TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa (SLB) BC Bina Putera Ambarawa). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
|
Text
Alfi Fidiawati_43040190201.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fidiawati, Alfi. 2023. Penyesuaian Diri Guru Non-PLB dan Strategi Pembelajaran Pada Siswa Tunarungu dan Tunagrahita (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa (SLB) BC Bina Putera Ambarawa). Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Win Listyaningrum Arifin, M.A., M.Pd. Kata Kunci: penyesuaian; strategi pembelajaran; diri tunarungu; tunagrahita Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitia ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana penyesuaian diri guru non-plb ketika mengajar siswa tunarungu dan tunagrahita, selain itu 2) bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan guru nob-plb. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan bersifat field research (penelitian lapangan). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara dengan 4 guru non-plb dan sumber sekunder berupa foto dan jurnal atau artikel terkait. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyesuaian diri guru non-plb pada siswa tunarungu dan tunagahita meliputi tidak ada guru pendampingi khusus, latar belakang pendidikan bukan dari PLB, penyampaian materi kepada murid dan komunikasi belum tersampaikan secara maksimal sehingga guru non-plb melakukan beberapa cara untuk mengatasi penyesuaian diri dengan mengikuti BIMTEK, melakukan pendekatan personal, sharing atau apersepsi sebelum pembelajaran dimulai, dan guru mendapatkan dukungan dari lingkungan keluarga. (2) Strategi pembelajaran yang diterapkan guru non-plb meliputi pendekatan atau pengenalan kepada siswa serta pengaplikasian materi pada kehidupan sehari-hari, menggunakan metode ceramah, demonstrasi atau praktik, dan komunikasi total. Penyampaian materi dilakukan dua kali dengan menggunakan bahasa isyarat dan dijelaskan. Untuk siswa tunarungu disesuaikan dengan kemampuan siswanya, sementara siswa tunagrahita yaitu dengan dijelaskan, tanya jawab pelan-pelan dan disampaikan secara berulang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 17:16 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 17:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18133 |
Actions (login required)
View Item |