PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERBEDAAN AKHLAK MAZMUMAH DAN MAHMUDAH MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA QUIZIZZ PADA SISWA KELAS X DI SMK N 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

ayu, anik karmania sekar (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERBEDAAN AKHLAK MAZMUMAH DAN MAHMUDAH MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA QUIZIZZ PADA SISWA KELAS X DI SMK N 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSIDONE.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat prestasi siswa di SMK N 2 Salatiga yang menurun pada pembelajaran PAI. Penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah kurangnya semangat dalam belajar dan asik sendiri pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Yang mengakibatkan suasana belajar dikelas tidak kondusif sehingga pada saat evaluasi pembelajaran siswa tidak dapat mengerjakan dengan baik. Oleh karena itu diperlukannya metode dan media pembelajaram yang dapat menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi perbedaan akhlak mazmumah dan mahmudah menggunakan metode Discovery Learning dan Media Quizizz pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMK Negeri 2 Salatiga dengan jumlah siswa 26 dianataranya 12 putra 14 putri. Teknik pengumpulan data peneliti yaitu tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Discovery Learning dan Media Quizizz berhasil dalam meningkatkan hasil belajar materi perbedaan akhlak mazmumah dan mahmudah pada siswa kelas X SMKN 2 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 88,46% dari jumlah siswa dan 3 siswa atau 11,53% dari jumlah siswa yang belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa atau 96,15% dan 1 siswa yang belum tuntas atau 3,84% dari jumlah siswa yang dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Learning dan Media Quizizz pada materi perbedaan akhlak mazmumah dan mahmudah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 2 Salatiga tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 17:52
Last Modified: 13 Oct 2023 17:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item