PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 SUB TEMA 3 MATERI KERAGAMAN EKONOMI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI DUREN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Insyrah, Afriza Safa (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 SUB TEMA 3 MATERI KERAGAMAN EKONOMI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI DUREN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Afriza Safa Insyrah 23040180037 fix-ahmad tamim.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS tema 7 sub tema 3 materi keragaman eknomi kelas dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV semester II MI Duren Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakn dalam dua sikklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Duren yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yaitu RPP, lembar kerja siswa, lembar observasi siswa dan guru, dan lembar evaluasi. Metode pengumpulan data dengan observasi dan tes. Data analisa menggunakan rumus persentase, apabila ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≥ 85% maka siklus dihentikan. Berdasar penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS tema 7 subtema 3 materi keragaman ekonomi pada siswa kelas IV semester II MI Duren Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan nilai persiklus, sebagai berikut: Pra siklus diperoleh ketuntasan klasikal yaitu 36% (9 siswa) tuntas KKM, dan 64% (16 siswa) tindak tuntas KKM. Siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 72% (19 siswa) tuntas KKM, dan 28% (6 siswa) tidak tuntas KKM. Siklus II ketuntasan klasikal 88% (22 siswa) tuntas KKM, dan 12% (3 siswa) tindak tuntas KKM. Peningkatan siswa yang tuntas KKM dari pra siklus ke siklus I meningkat 36% dan dari siklus I ke siklus II meningkat 16%. Siswa yang memperoleh nilai KKM ≥ 70 dari jumlah seluruh siswa mencapai 88%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena mencapai indicator ketuntasan klasikal ≥ 85%. Siswa yang belum tuntas akan diberikan remedial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 19:57
Last Modified: 13 Oct 2023 19:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18142

Actions (login required)

View Item View Item