PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI STRATEGI MARKETING DENGAN BRAND PRODUCT PADA SENTRA PENGOLAHAN SINGKONG DI DESA NGADIKERSO KABUPATEN SEMARANG

FAIZ, AHMAD CHOIRUL (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI STRATEGI MARKETING DENGAN BRAND PRODUCT PADA SENTRA PENGOLAHAN SINGKONG DI DESA NGADIKERSO KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)
[img] Text
wisuda faiz.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan masyarakat berbasis wirausaha strategi marketing sentra pengolahan singkong di Desa Ngadikerso Kabupaten Semarang dan apa saja brand product sentra pengolahan singkong di Desa Ngadikerso Kabupaten Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan studi kasus yang dimaksudkan untuk menunjang pencapaian tujuan penelitian untuk mengatasi permasalahan yang ada. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selanjutnya, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pendekatan triangulasi. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan oleh sentra pengolahan singkong di Desa Ngadikerso Kabupaten Semarang adalah “opak samiler” dengan satu varian rasa original yang diproduksi secara tradisional dengan menggunakan tenaga kerja tidak profesional. Penjualan produk dilakukan di pasar tradisional dan melalui tengkulak. Kemasan produk masih sebatas menggunakan plastik dan promosi produk masih dilakukan secara tradisional mouth to mouth. Selanjutnya, aktivitas pemberdayaan strategi marketing dengan brand product yang dilakukan oleh peneliti adalah melaksanakan empat aktivitas pokok, yakni: (1) Melaksanakan pelatihan dengan melibatkan pejabat desa dan stakeholders untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. (2) Meningkatkan kualitas kemasan produk dari yang awalnya hanya dikemas menggunakan plastik kemudian diubah dengan kemasan menggunakan merk “Mangraoz” yang disajikan dalam tampilan yang menarik. (3) Menambah varian produk opak samiler yang pada awalnya hanya disajikan dalam satu varian rasa original ditambah menjadi beberapa varian dengan beragam rasa, yakni rasa original, rasa barbeque, rasa balado, rasa moccacino, dan rasa cheese. (4) Pemasaran produk dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, yakni promosi produk melalui sarana sosial media elektronik yang meliputi instagram, facebook, dan media komunitas whatsapp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 20:20
Last Modified: 13 Oct 2023 20:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item