PENGARUH SELF-COMPASSION DAN PERILAKU ASERTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN MODERN TAHFIDZUL QUR’AN NURIDIN IDRIS KEDAWON DESA RENGASPENDAWA KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES

nurawalia, Rosita (2023) PENGARUH SELF-COMPASSION DAN PERILAKU ASERTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN MODERN TAHFIDZUL QUR’AN NURIDIN IDRIS KEDAWON DESA RENGASPENDAWA KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rosita Nurawalia_43040190015_Psikologi Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui apakah self-compassion berpengaruh terhadap kemampuan menghafal AlQur’an santri remaja di PPMTQ Nuridin Idris Kedawon Desa Rengaspendawa Kecamatan Larangan Kab. Brebes; 2) untuk mengetahui apakah perilaku asertif berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri remaja di PPMTQ Nuridin Idris Kedawon Desa Rengaspendawa Kecamatan Larangan Kab. Brebes; 3) apakah self-compassion dan perilaku asertif berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri remaja di PPMTQ Nuridin Idris Kedawon Desa Rengaspendawa Kecamatan Larangan Kab. Brebes secara bersama-sama. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 38 dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self-compassion, skala perilaku asertif dan skala kemampuan menghafal Al-Qur’an. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) self-compassion berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri remaja di PPMTQ Nuridin Idris Kedawon Desa Rengaspendawa Kec. Larangan Kab. Brebes dengan nilai signifikansi sebesar 0,016<0,05; 2) perilaku asertif berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri remaja di PPMTQ Nuridin Idris Kedawon Desa Rengaspendawa Kec. Larangan Kab. Brebes dengan nilai signifikansi sebesar 0,009<0,05; 3) self-compassion dan perilaku asertif berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri remaja di PPMTQ Nuridin Idris Kedawon Desa Rengaspendawa Kec. Larangan Kab. Brebes dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai R square sebesar 0,528. Pengaruh yang diberikan selfcompassion dan perilaku asertif terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 52,8% dan 47,2% kemampuan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 21:16
Last Modified: 13 Oct 2023 21:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item View Item