PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN HARDINESS TERHADAP KESIAPAN DIRI DALAM MENGHAFAL AL-QURÁN PADA SANTRI PROGRAM TAHFIDZ DI KOMPLEK AL-MAGHFIROH PONDOK PESANTREN ANNUR BANTUL YOGYAKARTA

LUTHFIKRI, ANASTASYA ANIF (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN HARDINESS TERHADAP KESIAPAN DIRI DALAM MENGHAFAL AL-QURÁN PADA SANTRI PROGRAM TAHFIDZ DI KOMPLEK AL-MAGHFIROH PONDOK PESANTREN ANNUR BANTUL YOGYAKARTA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi anastasya anif (Full) .pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi anastasya anif (Full) .pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi anastasya anif (Full) .pdf

Download (2MB)

Abstract

Luthfikri, Anif, Anastasya. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Hardiness Terhadap Kesiapan Diri Dalam Menghafal Al-Qurán Pada Santri Program Tahfidz Di Komplek Al-Maghfiroh Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Pembimbing Fahrudin Yusuf, M. A. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Hardiness; Kesiapan Diri; Santri Program Tahfidz Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan diri dalam menghafal Al-Qur’an pada santri program tahfidz di Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh hardiness terhadap kesiapan diri dalam menghafal Al-Qur’an pada santri program tahfidz di Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dan hardiness terhadap kesiapan diri dalam menghafal Al-Qur’an pada santri program tahfidz di Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sampel santri program tahfidz Komplek Al-Maghfiroh berjumlah 79 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) Nilai signifikan untuk pengaruh kecerdasaan emosional terhadap kesiapan diri adalah sebesar 0,015 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan diri dalam menghafal Al-Qurán pada santri program tahfidz di Komplek Al-Maghfiroh Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta. (2) Nilai signifikan untuk pengaruh hardiness terhadap kesiapan diri adalah sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh antara hardiness terhadap kesiapan diri dalam menghafal Al-Qurán pada santri program tahfidz di Komplek Al-Maghfiroh Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta. (3) Nilai signifikansi untuk pengaruh kecerdasan emosional dan hardiness secara simultan terhadap kesiapan adalah sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan hardiness secara simultan terhadap kesiapan diri dalam menghafal Al-Qurán pada santri program tahfidz di Komplek Al-Maghfiroh Pondok Pesantren Annur Bantul Yogyakarta sebesar 36,4%, sedangkan 63,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 22:13
Last Modified: 13 Oct 2023 22:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18149

Actions (login required)

View Item View Item