PENERAPAN PROGRAM BILINGUAL SIMETRIS DALAM MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI PADA PUBLIC SPEAKING (Studi Kasus Pada Mahasantri Putri Mahad Al-Jami'ah UIN Salatiga)

aini, ifatul (2023) PENERAPAN PROGRAM BILINGUAL SIMETRIS DALAM MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI PADA PUBLIC SPEAKING (Studi Kasus Pada Mahasantri Putri Mahad Al-Jami'ah UIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IFATUL AINI S1 FAKDA_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
IFATUL AINI S1 FAKDA_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana program bilingual simetris dapat mengurangi tingkat kecemasan psikologis pada mahasantri putri Mahad Al- Jami’ah UIN Salatiga. Selian itu 2) sejauhmana program bilingual simetris ini dapat berhasil dalam meningkatkan public speaking mahasantri putri Mahad Al- Jami’ah UIN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus dan sifat penelitianya adalah kualitatif deskrisptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer hasil wawancara sejumlah 6 mahasantri putri UIN Salatiga, ketua mahad putri, ketua pendidikan dan bahasa mahad putri, dan ketua humas mahad putri. Dan data sumber sekunder yang dapat berupa foto foto kegiatan program bilingual, sejarah mahad. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan program bilingual simetris dapat mengurangi kecemasan komunikasi dalam public speaking mahasantri putri. Penerapan program bilingual simetris membantu mahasantri putri dalam pembentukan sikap percaya diri melalui pelatiha-pelatihan yang ada pada program tersebut. 2) Program tersebut memberikan manfaat berupa keberhasilan dalam meningkatkan public speaking bagi mahasantri putri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 23:22
Last Modified: 13 Oct 2023 23:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18150

Actions (login required)

View Item View Item