IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI ORANGTUA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG

Purwanti, Rina (2023) IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI ORANGTUA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RINA PURWANTI IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI ORANGTUA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RINA PURWANTI IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI ORANGTUA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RINA PURWANTI IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI ORANGTUA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RINA PURWANTI IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI ORANGTUA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Resiliensi merupakan suatu kemampuan individu dalam membentuk ketahanan dalam merespon situasi yang kurang baik, merugikan, dan traumatis. Bertafakur menjadi suatu media untuk memunculkan pemikiran yang positif atas takdir Allah SWT dimana hal ini menjadi sumber kekuatan dalam diri seseorang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi tafakur dalam mengembangkan resiliensi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan apa saja faktor yang membentuk resiliensi orangtua siswa anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, yakni hasil wawancara dari subjek yaitu orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan data sekunder yang didapat yaitu berupa hasil dari wawancara dari pendungkung subjek dan hasil dokumentasi baik didapatkan dari buku, jurnal dan lainnya, yang dibutuhkan dalam penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi dan wawancara.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi tafakur mendukung pengembangkan resiliensi pada orangtua anak berkebutuhan khusus, dengan bertafakur disetiap aspek resiliensi orangtua anak berkebutuhan khusus dapat memahami setiap ujian yang dihadapi akan menemukan solusi dan memunculkan keyakinan akan hikmah disetiap situasi yang dihadapi, dengan bertafakur menciptakan ketenangan batin dalam menjalani kehidupan untuk mencapai tujuan dalam hidup. Adapun faktor yang mempengaruhi pengembangan resiliensi pada orangtua siswa anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang yaitu penerimaan terhadap takdir, dorongan dari keluarga maupun orang sekitar, kesadaran diri untuk tetap bangkit dalam berbagai situasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 23:58
Last Modified: 13 Oct 2023 23:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18151

Actions (login required)

View Item View Item