PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI KETERAMPILAN BATIK CAP UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LEMBAGA DIFABEL BLORA MUSTIKA TAHUN 2022

Kaironi, Ahmad (2023) PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI KETERAMPILAN BATIK CAP UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LEMBAGA DIFABEL BLORA MUSTIKA TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CETAK SKEIPSI_compressed.pdf

Download (915kB)
[img] Text
CETAK SKEIPSI_compressed.pdf

Download (915kB)

Abstract

Kaironi, Ahmad. 2023. Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Keterampilan Batik Cap Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Lembaga Difabel Blora Mustika Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisno, M. Pd. I. Kata Kunci: Pemberdayaan, Pelatihan Keterampilan, dan Kesejahteraan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat penyandang disabilitas yang dilakukan oleh Lembaga Difabel Blora Mustika, bagaimana dampak perubahan yang dihasilkan dari upaya pemberdayaan dan pelatihan keterampilan di Lembaga Difabel Blora Mustika, Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara ketua Lembaga Difabel Blora Mustika, pengurus, dan anggota, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pemberdayaan, pelatihan keterampilan, profil lembaga, dan kegiatan kegiatan yang dilakukan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadirnya Lembaga Difabel Blora Mustika telah mendorong adanya proses pemberdayaan masyarakat Penyandang Disabilitas untuk mengatasi masalah mereka sendiri dan untuk mencapai kemandirian sehingga tercipta kesejahteraan. Melalui program pelatihan keterampilan batik cap, terlihat bagaimana penyandang disabilitas mampu memotivasi diri sendiri dan semangat untuk melangkah demi perubahan yang semakin baik dari segi kesehatan ataupun kesejahteraan yang mereka dapatkan. Manfaat program pemberdayaan melalui keterampilan batik cap tidak hanya untuk pemberdayaan diri saja tetapi juga bisa membantu para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan, mendapatkan penghasilan dan meningkatkan perbaiki kesejahteraan sosial bagi para penyandang disabilitas dan untuk Kabupaten Blora.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2023 00:02
Last Modified: 14 Oct 2023 00:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item