IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMPN 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

ADAWIYAH, (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMPN 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ADAWIYAH_23010190210_IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMPN 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 20222023.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADAWIYAH_23010190210_IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMPN 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 20222023.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADAWIYAH_23010190210_IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMPN 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 20222023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan pada siswa di SMPN 4 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi sikap percaya diri pada siswa di SMPN 4 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mendeskripsikan hambatan dan solusi dari implementasi kegiatan keagamaan pada siswa di SMPN 4 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. (4) Untuk mendeskripsikan hambatan dan solusi dari implementasi sikap percaya diri pada siswa di SMPN 4 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yakni kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, tiga guru PAI dan siswa SMPN 4 Salatiga. Dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data/display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kegiatan keagamaan pada siswa di SMPN 4 Salatiga melalui kegiatan batinku padang (membaca asmaul husna, membaca Al-Qur’an, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah), lomba-lomba keagamaan, pesantren kilat, dan peringatan hari besar Islam. (2) Implementasi sikap percaya diri pada siswa di SMPN 4 Salatiga terdiri dari memimpin dalam kegiatan keagamaan, mengikuti kegiatan lomba, siswa menyampaikan pesan guru, kegiatan pada materi haji, dan pemberian materi sholat secara maksimal. (3) Hambatan dari implementasi kegiatan keagamaan pada siswa di SMPN 4 Salatiga yakni bercanda saat membaca Al-Qur’an dan sholat, siswa tidak membawa Al-Qur’an, siswa tidak membawa mukena, tempat berwudhu yang terbatas, kekurangan dana pada saat PHBI dan menentukan waktu pelaksanaanya, dan siswa tidak konsentrasi saat kajian keagamaan. Solusi dari implementasi kegiatan keagamaan pada siswa di SMPN 4 Salatiga yakni mengulangi sholat, memberikan teguran dan peringatan, meminjam Al-Qur’an dan mukena di musholla sekolah, berkonsultasi terkait tempat berwudhu kepada guru, menggunakan uang kas kegiatan, dan memberikan tugas berupa resume. (4) Hambatan implementasi sikap percaya diri pada siswa di SMPN 4 Salatiga yaitu siswa tidak berani memimpin, siswa tidak menjadi juara lomba, siswa pemalu, siswa ditertawakan oleh teman, siswa banyak alasan pada penugasan materi haji, dan siswa tidak paham materi sholat. Solusi implementasi sikap percaya diri pada siswa di SMPN 4 Salatiga yaitu siswa didampingi teman atau guru, sekolah menghadirkan guru pelatih, guru mengulangi tugas yang diberikan, siswa berlatih menjadi lebih baik, guru memberikan keringanan pada siswa, dan guru membekali siswa dengan materi sholat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2023 00:42
Last Modified: 14 Oct 2023 00:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18153

Actions (login required)

View Item View Item