DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MATERI KEPENGURUSAN JENAZAH MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ANIMASI DAN QUIZWHIZZER

PRATIWI, VIONA SULASTIA (2023) DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI MATERI KEPENGURUSAN JENAZAH MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ANIMASI DAN QUIZWHIZZER. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
VIONA SULASTIA PRATIWI NIM. 23010190181.pdf

Download (6MB)
[img] Text
VIONA SULASTIA PRATIWI NIM. 23010190181.pdf

Download (6MB)
[img] Text
VIONA SULASTIA PRATIWI NIM. 23010190181.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi dan quizwhizzer. Sehingga dengan seiring perkembangan zaman proses kegiatan belajar tetap mengikuti zaman seperti penggunaan media pembelajaran yang berbasis multimedia. Penelitian ini menggunakan metode dengan pengembangan ADDIE. Tahap Pengembangan ADDIE terdiri dari lima fase, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. ADDIE merupakan model yang efektif untuk digunakan banyak orang, juga menyediakan kerangka kerja umum yang terstruktur. Metode pembelajaran yang digunakan adalah PBL (Pro lem Based Learning). Hasil validasi ahli mengatakan bahwa data yang divalidasi terdiri dari lima validator yang menghasilkan nilai rata-rata 4,46, sehingga media yang digunakan dikategorikan “baik”. Pada uji pelaksanaan penelitian dilakukan di tiga sekolah. Pada hasil pelaksanaan penelitian lapangan Uji n gain menunjukkan bahwa rata-rata Nilai n gain SMK N 2 Salatiga adalah 68,56% dengan kategori “Cukup Efektif”, untuk SMK N 1 Kemusu adalah 61,03% dengan kategori “Cukup Efektif”, kemudian untuk data n gain SMKS Ma’arif NU 2 Boyolali adalah 64,73% dengan kategori “Cukup Efektif”. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran berupa media video animasi memberikan pengaruh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:16
Last Modified: 14 Oct 2023 03:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item View Item