PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARIKH MATERI PERAN ORGANISASI ISLAM DI MASA KOLONIAL BELANDA DENGAN METODE JIGSAW DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE KELAS XI IPS I SMA MUHAMMADIYAH 1 SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Ma'rifah, Luluk Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARIKH MATERI PERAN ORGANISASI ISLAM DI MASA KOLONIAL BELANDA DENGAN METODE JIGSAW DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE KELAS XI IPS I SMA MUHAMMADIYAH 1 SIMO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LULUK NUR MA'RIFAH 23010180083 full.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI LULUK NUR MA'RIFAH 23010180083 full.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Simo dikarenakan banyaknya siswa di waktu pembelajaran jarang aktif dan mengajukan pertanyaan kepada guru tentang materi yang sudah dijelaskan dalam pembelajaran mata pelajaran tarikh. Serta tidak adanya variasi dalam pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah mengenai penerapan metode jigsaw dan media crossword puzzle pada mata pelajaran tarikh kelas XI IPS I materi Sejarah Perkembangan Islam di Masa Kolonial Belanda Sub Bab Peran Organisasi Islam di Masa Kolonial Belanda di SMA Muhammadiyah 1 Simo sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I SMA Muhammadiyah 1 Simo yang berjumlah 19 siswa, dengan 9 putra dan 10 putri. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dengan presentase ketuntasan 26,3% dan siklus 2 dengan presentase ketuntasan meningkat sampai dengan 84,2%. Dalam siklus I pembelajaran di dalam kelas, berjalan sesuai dengn yang telah dirumuskan walau dalam siklus I ini nilai siswa relatif rendah. Refleksi dari siklus I ini adalah, banyak siswa yang nilai masih di bawah kkm, dengan ketuntasan individual <70%. Namun, dalam siklus II berjalan sesuai yang telah dirumuskan, dan siswa dapat nilai diatas kkm dengan ketuntasan individual >70%. Dari pemaparan hasil tersebut, penggunaan metode jigsaw dan media crossword puzzle dalam mata pelajaran Tarikh materi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia pada masa kolonial Belanda sub bab peran organisasi Islam di masa kolonial Belanda siswa kelas XI IPS I SMA Muhammadiyah 1 Simo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2023 03:25
Last Modified: 15 Oct 2023 03:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18173

Actions (login required)

View Item View Item