DINAMIKA PSIKOLOGIS KESEPIAN DAN STRATEGI KOPING PADA REMAJA PUTRI YATIM (Studi Kasus di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang Kabupaten Semarang)

Otapianuraini, (2023) DINAMIKA PSIKOLOGIS KESEPIAN DAN STRATEGI KOPING PADA REMAJA PUTRI YATIM (Studi Kasus di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Tuntang Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Otapia Nuraini_43040190081_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai dinamika Psikologis kesepian dan strategi koping pada remaja putri yatim di panti asuhan putri Aisyiyah tuntang, Kabupaten Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan tiga informan remaja putri yatim kriteria usia di atas 15 tahun hingga kategori remaja. Teknik pemilihan informan menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa manifestasi dari kesepian, diantaranya; manifestasi emosi, kognitif, dan perilaku serta bentuk kesepian dan strategi koping. Kesepian pada remaja putri yatim ini berkaitan dengan aspek emosi dari perasaan kesedihan atas kehilangan sosok ayah, faktor lain dari situasional dan budaya yang ada di lingkungan Panti. Subjek memperlukan bentuk need for intimacy, cognitive process dan social reinforcement yang cukup tinggi. Dan juga ditemukan strategi koping pada ketiga informan yang berbeda-beda.  

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2023 16:26
Last Modified: 15 Oct 2023 16:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18177

Actions (login required)

View Item View Item