PERAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PENYEBARLUASAN INFORMASI PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN KENDAL Studi Kasus: Podcast Suara Corner Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal

Noviyanto, Mohammad Arif (2023) PERAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PENYEBARLUASAN INFORMASI PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN KENDAL Studi Kasus: Podcast Suara Corner Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
M Arif Noviyanto_ 43010190059 Komunikasi Penyiaran Islam_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Noviyanto, Arif. 2023. Peran Podcast sebagai Media Baru Penyebarluasan Informasi pada Masyarakat di Kabupaten Kendal Studi kasus: podcast Suara Corner PMI Kabupaten Kendal. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’banُMaghfurُM.Pd.I. Kata Kunci: Peran, Penyebarluasan Informasi, Podcast. Perkembangan teknologi informasi memiliki posisi penting dalam kehidupan masyarakat. Podcast suara corner sebagai media baru yang berkembang akan membantu dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat dalam pelayanan informasi yang ada di PMI Kabupaten Kendal belum terpublikasi secara luas. Informasi pelayanan ambulan, donor darah dan stok kantung darah, bentuk program kerja, Pendidikan, dan sosial kemanusiaan yang tersedia pun belum dapat diketahui secara mudah oleh masyarakat. Bersamaan masalah banyaknya pedesaan, hal ini tentunya juga menjadi kendala yang menghambat transmisi informasi. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji Peran dan hasil Podcast sebagai media penyebarluasan informasi pada masyarakat di Kabupaten Kendal studi kasus Podcast Suara Corner PMI Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer seperti wawancara dengan ketua PMI Kabupaten Kendal (Pelindung Podcast), Kepala Markas PMI Kabupaten Kendal, Tim Podcast Suara Corner PMI Kabupaten Kendal. dan Masyarakat Kabupaten Kendal, data sekunder berupa foto dokumentasi wawancara, data profil Kabupaten Kendal. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran Podcast Suara Corner sebagai media penyebarluasan informasi pada masyarakat di Kabupaten Kendal bahwa podcast suara corner sebagai media komunikasi & informasi serta integrasi dan interaksi Sosial yang memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program PMI, pendidikan, dan sosial kemanusiaan. Media baru yang eksplosif, akrab dan menjadi media penyusun pesan bagi masyarakat yang diisi oleh para relawan, narasumber expert, pengurus dan kehidupan di dunia sosial kemanusiaan. Ada 4 topik yang mengacu pada visi misi dan 7 prinsip Kepalang Merahan dan program kerja PMI, topik yaitu remaja menginspirasi, Informasi Publik, Suara Relawan, dan ngobrol inspiratif. Tanggung jawab podcast dalam mewujudkan perannya yaitu sebagai pengganti humas. Hasil dari Peran Podcast Suara Corner PMI kabupaten Kendal sebagai pusat informasi, sumber pendapatan, identitas pribadi, hiburan dan menjadi sumber pengetahuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2023 22:44
Last Modified: 15 Oct 2023 22:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18184

Actions (login required)

View Item View Item