PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUB TEMA 1 MENGGUNAKAN METODE CLASSROOM READING PROGRAM (MEMBACA DI KELAS) DENGAN MEDIA BUKU TEMATIK PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 MI NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ma'arif, Lutfi Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUB TEMA 1 MENGGUNAKAN METODE CLASSROOM READING PROGRAM (MEMBACA DI KELAS) DENGAN MEDIA BUKU TEMATIK PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 MI NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Lutfi Nur Ma'arif.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Lutfi Nur Ma'arif.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Lutfi Nur Ma'arif.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ma’arif, Lutfi Nur. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indoneisa Tema 7 Subtema 1 Menggunakan Metode Classroom Reading Program (Membaca di Kelas) Dengan Media Buku Tematik Pada Siswa Kelas V Semester 2 MI Negeri 2 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Classroom Reading Program, Media Buku Tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi teks narasi sejarah dengan metode Classroom Reading Program berbantu media buku tematik pada siswa kelas V MI Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi melalui metode classroom reading program berbantu media buku tematik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa, RPP, tes tertulis, lembar tes, wawancara. Analisis data statistik ini menggunakan rumus presentase apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar, maka siklus akan berhenti. Hasilnya menunjukkan bahwa metode classroom reading program berbantu media buku tematik dapat meningkatkan hasil belajar teks narasi sejarah pada siswa kelas VA MI Negeri 2 Semarang yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan data siklusnya, hasil dari pra siklus, silus I, dan siklus II. Data berikut diperoleh sebagai berikut : Hasil belajar siswa yang tuntas dari pra siklus hanya 4 siswa (30,15%) dan 15 siswa (69,85%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 52,36. Pada siklus I hasil ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebanyak 9 siswa (47,36%) dan 10 siswa (52,64%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 18 siswa (95,70%) dan 1 siswa (4,30%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 82,10. Siswa yang belum tuntas tersebut dikarenakan belum dapat percaya diri, dan tidak disiplin, masih sulit untuk menangkap materi pembelajaran, dan saat diberikan soal evaluasi mengerjakannya terburu-buru. Hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 48,34%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:00
Last Modified: 16 Oct 2023 05:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item