Peran Komunikasi Interpersonal Masyarakat Muslim dan Masyarakat Non Muslim dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Salatiga

Aziza, Ayu Nur (2023) Peran Komunikasi Interpersonal Masyarakat Muslim dan Masyarakat Non Muslim dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ayu Nur Aziza 43010190111 Skripsi Fakda.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ayu Nur Aziza 43010190111 Skripsi Fakda.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ayu Nur Aziza 43010190111 Skripsi Fakda.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ayu Nur Aziza 43010190111 Skripsi Fakda.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ayu Nur Aziza 43010190111 Skripsi Fakda.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aziza, Ayu Nur. 2023. Peran Komunikasi Interpersonal Masyarakat Muslim dan Non Muslim dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Salatiga. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M. Pd. Kata Kunci: Peran komunikasi interpersonal, masyarakat muslim, masyarakat non muslim, toleransi Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran komunikasi interpersonal masyarakat muslim dan masyarakat non muslim dalam menjaga toleransi antar umat beragama di Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yakni wawancara para tokoh agama baik muslim maupun non mulim, kepala kementrian agama, kepala sub bag tata usaha dan sekunder yang berupa buku Data Statistik Sektoral Kota Salatiga tahun 2022. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komunikasi interpersonal masyarakat muslim dan masyarakat non muslim dalam menjaga toleransi antar umat beragama di Kota Salatiga sudah cukup baik karena menggunakan komununikasi verbal dan non verbal misalnya saat para tokoh agama mengadakan pertemuan rutin, mengadakan sosialisasi, melakukan kegiatan sosial dan komunikasi non verbal terjadi dengan berjabat tangan, saling berempati ketika ada musibah kematian dari sanak saudara ataupun tetangga dari agama yang berbeda. Aspek-aspek komunikasi interpersonal yang dihasilkan antara lain: sikap keterbukaan, sikap suportif, sikap positif, sikap empati dan kesamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 13:09
Last Modified: 16 Oct 2023 13:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18192

Actions (login required)

View Item View Item