ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG CERAI GUGAT PADA LANSIA DI PENGADILAN AGAMA SALATIGA TAHUN 2019-2021 PERSPEKTIF SADD AL-DZARI’AH

Ma'muroh, (2023) ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG CERAI GUGAT PADA LANSIA DI PENGADILAN AGAMA SALATIGA TAHUN 2019-2021 PERSPEKTIF SADD AL-DZARI’AH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ma’muroh_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ma’muroh_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ma’muroh. 2023. Analisis Putusan Hakim Tentang Cerai Gugat Pada Lansia Di Pengadilan Agama Salatiga Tahun 2019-2021 Perspektif Sadd Al-Dzari’ah. Fakultas Syariah. Prodi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Munajat, M.A., Ph.D. Kata Kunci: Putusan, Cerai Gugat, Lansia, Sadd Al-Dzari’ah, Pertimbangan Hakim Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui putusan hakim tentang cerai gugat pada lansia dan tinjauan sadd al-dzar’ah dalam putusan cerai gugat pada lansia di Pengadilan Agama Salatiga tahun 2019-2021. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui peelitian ini ialah (1) Bagaimana putusan hakim tentang cerai gugat pada lansia di Pengadilan Agama Salatiga Tahun 2019-2021? (2) Bagaimana analisis putusan hakim tentang cerai gugat pada lansia di Pegadilan Agama Salatiga Tahun 2019-2021 Perspektif Sadd Al-Dzari’ah? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat diskriptif analistis. Yaitu penelitian dengan mengumpulkan data mengenai perkara cerai gugat pada lansia tahun 2019-2021 di Pengadilan Agama Salatiga ditinjau dari sadd al-dzari’ah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis noormatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan kepustakaan. Kemudian penelitian ini juga menggunakan sumber data sekunder yang berupa Al- Quran, Hadist, buku,jurnal, putusan, internet dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkank ronologi dari sebelas putusan Hakim Pengadilan Agama Salatiga terkait cerai gugat pada lansia adalah dikarenakan penggugat mengajukan cerai ke Pengadilan Agama Salatiga dengan berbagai alasan, yaitu adanya perselisihan dan pertengkaran yang tersu menerus, pihak suami jarang memberikan nafkah kepada istrinya, adanya pihak ketiga dan pihak suami meninggalkan pihak istri secara bertahun-tahun dan tidak ada kabar sama sekali. Penggunaan analisis sadd dzari’ah terhadap pengabulan putusan hakim tentang perkara cerai gugat pada lansia di Pengadilan Agama Salatiga merupakan suatu teori yang sudah sesuai karena bertujuan untuk menghindarkan suatu perbuatan yang menimbulkan kemadaratan daripada kemafsadatan. Hukum Islam mengatur perilaku manusia yang belum dilakukan namun juga mengatur perilaku manusia yang sudah dilakukan. Sehingga diwajibkan untuk mencegah dari perbuatan yang mengarah kepada kerusakan di esok hari dengan mempertimbangkan kemaslahatan bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 17:23
Last Modified: 16 Oct 2023 17:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18199

Actions (login required)

View Item View Item